Home / Budidaya Tanaman / Cara Membuat Bibit Bawang Merah yang Baik dan Berkualitas Bagus

Cara Membuat Bibit Bawang Merah yang Baik dan Berkualitas Bagus

Cara Membuat Bibit Bawang Merah yang Baik dan Berkualitas Bagus – Bawang merah adalah salah satu tanaman yang banyak digandrungi oleh petani. Bawang merah banyak diminati karena nilai konsumsinya yang tinggi dan memiliki harga yang fluktuatif seperti lombok. Dalam momentum tertentu, seperti lebaran, bulan puasa, musim hujan, atau hari – hari besar lainnya, bawang merah bisa berkali – kali lipat harganya

Dalam dunia pertanian, pemilihan bibit untuk ditanam adalah hal yang pokok, karena dari bibit yang baik-lah modal awal tanaman akan berkembang dengan baik dan dapat menghasilkan buah yang melimpah. Jika sobat sedang ingin menanam atau membudidayakan bawang merah, pada artikel kali ini kami akan mengulas cara membuat bibit bawang merah yang baik dan berkualitas tinggi

Dalam pembibibitan bawang merah, biasanya dilakukan dengan dua cara, yakni :

  1. Pembibitan dengan menggunakan umbi, dan
  2. Pembibitan dengan menggunakan biji

Berikut ini ulasan penjelasan lengkapnya :

Cara Membuat Bibit Bawang Merah yang Baik

cara membuat bibit bawang merah

1. Cara pembibitan dengan menggunakan umbi bawang merah

Untuk mendapatkan bibit bawang merah yang berkualitas baik, setidaknya sobat harus memilih umbi bawang merah dengan spesifikasi sebagai berikut :

  • Umbi berukuran besar, atau minimal sedang (jangan gunakan umbi yang kecil)
  • Simpanlah umbi selama 6 sampai 8 bulan
  • Tanaman asal/ indukan bawang merah benar – benar sehat
  • Umbi berumur tua, sebaiknya lebih dari 80 hari
  • Kondisi ubi baik, tidak cacat dan berkualitas bagus

2. Cara pembibitan dengan menggunakan biji bawang merah

Cara pembibitan yang kedua adalah dengan biji bawang merah. Model pembibitan jenis ini juga sering disebut dengan true shallot seed (TSS). Teknologi pembibitan model ini sudah banyak dikembangkan oleh para ahli dalam negeri dan memiliki kualitas yang bagus. Selain itu, perusahaan luas negeri juga memproduksi bibit bawang merah jenis ini.

Keunggulan bibit model biji adalah dapat menekan biaya produksi dan juga dapat disimpan serta didistribusikan dengan mudah karena tidak terlalu banyak memakan tempat. Selain itu, model bibit biji lebih bebas dari penyakit.

Meskipun demikian, kelemahan yang kadang muncul adalah petani yang belum terbiasa dengan model bibit ini, dan juga butuh penanganan yang berbeda di bandingkan dengan bibit model umbi. Proses penyemain pun berbeda dengan model umbi, jika model umbi maka bawang merah langsung tanam, maka dengan model biji perlu dilakukan penyemaian selam 5 sampai 6 minggu seperti melakukan penyemaian pada benih kubis atau sayuran lainnya.

Baca juga : Cara Budidaya Bawang Merah

Cara penyemaian bibit bawang merah biji

cara membuat bibit bawang merah

Cara melakukan pembibitan bawang merah biji berbeda dengan model umbi. Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan sebelum bibit siap untuk ditanam. Lebih jelasnya butuh dilakukan penyemaian bibit terlebih dahulu. Berikut ini cara – caranya :

  1. Lakukan penyemaian bibit dari biji selama kurang lebih 5 – 6 minggu dengan menggunakan bedengan bersungkup plastik bening.
  2. Setelah bibit tumbuh dan berumur 6 minggu, cabut bibit bawang merah dan potong bagian daun – daunnya lalu bersihkan.
  3. Setelah bersih, rendam bibit bawang merah dengan menggunakan larutan fungisida.
  4. Setelah selesai, maka bibit bawang merah siap untuk ditanam.

Model penanaman pada bibit bawang merah yang berasal dari biji sebaiknya memiliki jarak kerapatan sekitar 10 x 10 cm atau minimal 10 x 5 cm. Menanam bawang merah jenis ini biasanya menghasilkan umbi tunggal sehingga harus cukup rapat agar hasilnya banyak.

Namun, karena umbi bawang merah yang dihasilkan tunggal maka biasanya umbi yang dihasilkan memiliki ukuran yang besar dan memiliki kualitas yang bagus.

Demikianlah dua cara membuat bibit bawang merah, tinggal pilih sobat lebih nyaman menggunakan model yang mana, perawatan yang baik tentu menjadi faktor lanjutan untuk mendapatkan hasil bawang merah unggulan.

About Sokotani.net

Keymaster http://www.sokotani.net Menuju kedaulatan pangan Indonesia

Check Also

Cara Budidaya Jahe Merah Untuk Hasil Melimpah

Malam hari di alun-alun kota dan pusat-pusat keramaian lainnya, biasanya mata kita akan disapa oleh …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *